Indikator
  • Undercontruction
Pilgub Jatim 2018

Dukungan Terbelah di Pilgub Jatim, PPP akan Lakukan Rapimwil

Home / Politik / Dukungan Terbelah di Pilgub Jatim, PPP akan Lakukan Rapimwil
Dukungan Terbelah di Pilgub Jatim, PPP akan Lakukan Rapimwil Habib Mahdi, bendahara DPW PPP Jatim (FOTO: Inikata)
Ketahanan Informasi Pariwisata

TIMESSITUBONDO, SURABAYA – Partai Persatuan Pembangunan (PPP) berencana akan menggelar Rapat Pimpinan Wilayah (Rapimwil) untuk menentukan dukungan Dukungan untuk di Pilgub jatim 2018 pada akhir Bulan November 2017.

“Kami akan gelar Rapimwil se Jatim akhir bulan ini dimana akan diikuti 38 DPC Se Jatim arah dukungan di Pilgub Jatim apakah ke Gus Ipul atau ke Khofifah,” ungkap bendahara DPW PPP Jatim Habib Mahdi saat ditemui di kantornya, Rabu (8/11) dilansir inikata.com.

Rupanya, keputusan untuk mendukung Khofifah yang sempat diumumkan oleh Ketua Umum PPP M. Romahurmuziy akhir September lalu berubah.

Wasekjen PPP Achmad Baidowi mengakui internal partai terbelah menjelang Pilgub Jawa Timur 2018. Ada yang ingin mendukung Saifullah Yusuf (Gus Ipul), ada yang cenderung Khofifah Indar Parawansa. Keterbelahan itu muncul karena Khofifah muncul belakangan.

"Karena, terus terang saja, Bu Khofifah yang muncul belakangan gaungnya di internal PPP itu sudah lebih keduluan Gus Ipul," katanya kepada wartawan di Jakarta Senin (6/11).

Ketum PPP Romahurmuziy, dalam sebuah keterangan persnya, Rabu (7/11) juga mengakui, bahwa kader di internal partainya (PPP) ada yang menginginkan mendukung Gus Ipul, dan juga ada yang mendukung Khofifah. Hal ini menurutnya wajar, karena kedua bakal calon tersebut sama-sama warga dan tokoh NU.

"Kita itu di Jawa Timur mempunyai survei 80 persen itu mengaku warga NU, kemudian kalau yang hadir dua-duanya calon warga NU maka tidak terhindarkan, karena 80 persen warga Jawa Timur itu NU," ungkap putra dari K.H. Tolchah Mansoer itu.

Melihat perkembangan yang terjadi di Jatim Romahurmuziy akhirnya memutuskan bahwa PPP masih akan menunggu keputusan dan restu ulama, terkait sikap yang akan diambil di Pilkada Jatim. Selain itu PPP juga menunggu hasil survei ter-update untuk menentukan siapa calon yang akan diusungnya.

"PPP sejauh ini masih menunggu hasil survei terakhir terkait Pilkada Jawa Timur, kita juga menunggu hasil istikharah para kyai, terkait situasi yang membelit warga Jawa Timur," tambah Romahurmuziy.

Sementara itu, soal perkiraan arah dukungan PPP di tingkat bawah atau DPC, Mahdi mengakui bahwa banyak dukungan lebih mengarah ke Gus Ipul.

“Namun jika keputusan di DPP PPP berbeda dengan aspirasi di bawah, maka DPP PPP hendaknya mempertimbangkan aspirasi dari bawah. Sekedar diketahui bacagub Khofifah tak pernah sama sekali mengikuti mekanisme pendaftaran bacagub yang dilakukan oleh DPW PPP Jatim,” terangnya.

Mahdi menambahkan, apapun keputusan DPP PPP untuk Pilgub Jatim termasuk rekomendasi untuk pasangan bacagub dan bacawagub Jatim, pihaknya siap menerim putusan tersebut.(*)

Berita Terkait

Komentar

Top
Tim.my.id Wawanita.com satriamedia.com