GM FKPPI Jatim Dukung MPR RI Batalkan RUU HIP dan Terbitkan RUU PIP

Home / Berita / GM FKPPI Jatim Dukung MPR RI Batalkan RUU HIP dan Terbitkan RUU PIP
GM FKPPI Jatim Dukung MPR RI Batalkan RUU HIP dan Terbitkan RUU PIP Ketua PD XIII GM FKPPI Jatim, Ir R. Agoes Soerjanto. (dok/TI)

TIMESSITUBONDO, JAKARTA – Ketua PD XIII GM FKPPI Jatim, Ir R. Agoes Soerjanto mengapresiasi langkah Lembaga Tertinggi Negara MPR RI yang meminta saran masukan dari para tokoh nasional untuk merubah RUU HIP (Haluan Ideologi Pancasila) menjadi RUU PIP (Rancangan Undang Undang Pembinaan Ideologi Pancasila).

"Kita mendukung pembahasan RUU HIP disudahi, dan mendukung RUU PIP untuk dibahas dan segera diterbitkan. RUU PIP lebih implementatif agar Pancasila tidak hanya dihayati, tapi juga diamalkan dalam semua aspek kehidupan," ujar Agoes menangapi pertemuan para tokoh nasional atas inisiatif MPR RI terkait dukungan perubahan RUU HIP menjadi RUU PIP.

Disampaikan Agoes, pihaknya sangat apresiasi dan bangga tentang dukungan RUU PIP dari hasil pertemuan antara pimpinan MPR dengan Wapres RI ke-6, Try Sutrisno, Ketua Umum Legiun Veteran Syaiful Sulun dan Ketua Umum Persatuan Purnawirawan Angkatan Darat Kiky Syahnakri di Gedung MPR pada Kamis 2 Juli 2020. 

Hasilnya, adanya kesepakatan utk mendukung RUU PIP agar dilanjutkan pembahasannya oleh DPR bersama Pemerintah menjadi Undang-Undang.

"Dukungan para tokoh nasional ini sungguh penting dan berarti bagi semua pihak. Ini menegaskan bahwa Pancasila adalah final. Undang undang PIP sebagai acuan hukum bahwa pembinaan pengamalan Pancasila perlu diwujudkan dalam semua bidang, baik pemerintahan maupun sosial masyarakat," tegasnya.

Pancasila, lanjut Agoes, saat ini bukan untuk diperdebatkan, dikaji, tapi bagaimana Pancasila didoktrinasi kepada seluruh anak bangsa melalui pendidikan ataupun program program pembinaan di segala bidang, agar semua mengamalkannya untuk modal kemajuan bangsa, sekaligus solusi atas semua persoalan masyarakat, bangsa dan negara. 

Pancasila lahir dari perbedaan, ujar Agoes, Bhinneka Tunggal Ika mampu menyatukan perbedaan, bahkan Pancasila juga memberikan tauladan gotong royong yang kini mampu menangguhkan problem negara saat melawan bencana wabah.

"Nantinya, jangan ada lagi pro kontra tentang RUU PIP, kita harus mendukung,mengawal bersama agar RUU PIP ini segera dibahas, disahkan dan dijalankan," ucap ketua GM FKPPI Jatim ini. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com