Pemuda Kebaman Banyuwangi Sulap Jalan Desa yang Gelap Jadi Taman Lampu

Home / Berita / Pemuda Kebaman Banyuwangi Sulap Jalan Desa yang Gelap Jadi Taman Lampu
Pemuda Kebaman Banyuwangi Sulap Jalan Desa yang Gelap Jadi Taman Lampu Para pemuda timur lapangan tengah memasang lampu hias di gapura. (FOTO: Rizki Alfian/TIMES Indonesia)

TIMESSITUBONDO, BANYUWANGI – Ide kreatif ditunjukkan para pemuda Kebaman di Desa Kebaman, Kecamatan Srono, Banyuwangi, Jawa Timur. Mereka menyulap jalan desa yang awalnya gelap, menjadi terang benderang bak taman lampu.

Menurut Ketua Pemuda setempat, Ridho Abdillah Shohi, ide tersebut muncul karena spontanitas hasil musyawarah pemuda yang ada di lingkungan Dusun Srono RT 1, 2 dan 3 RW 9, Desa Kebaman.

"Kami hampir setiap hari nongkrong bareng. Pas waktu ngobrol-ngobrol ternyata ada salah satu dari kami punya ide untuk menyambut agustusan. Lalu tercetus gagasan pasang lampu di jalan. Langsung kita ekseskusi," ungkap pemuda yang akrab disapa Edo kepada TIMES Indonesia, Jumat (31/7/2020).

lapangan-tengah-memasang-lampu-hias-2.jpg

Edo menuturkan, lampu hias itu dipasang di sepanjang jalur poros wilayah RW setempat yang berbentuk miniatur gapura. Seluruh bahan-bahan yang digunakan berasal melalui gotong royong dari iuran pribadi anggota Pemuda Timur Lapangan.

"Termasuk bambu yang menjadi bahan utama penopang lampu sebagian berasal dari sumbangan warga dan iuran bersama," ujar Edo.

"Sedangkan untuk jaringan listriknya langsung disambungkan ke rumah warga terdekat dari gapura itu," imbuh Edo.

Edo menambahkan, selain membuat lampu hias, rencananya para pemuda yang bermukim di timur Lapangan Wirabhumi Srono itu juga akan membuat sebuah program berbasis lingkungan.

"Masih kami matangkan, kami berencana membuat wadah tentang pemilahan sampah bersama Karang Taruna Desa Kebaman," terang Edo.

Sementara itu salah satu tokoh masyarakat setempat, Miyanto, mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh para pemuda timur lapangan.

"Luar biasa, semoga bisa terus diselanggarakan setiap tahun. Insyallah seluruh warga mendukung kegiatan positif ini," terang Miyanto.

Miyanto berharap besar kepada para Pemuda Desa Kebaman terkait dengan kegiatan yang sifatnya pemberdayaan untuk masyarakat, seperti menghias jalan desa menjadi taman lampu. "Tetap semangat, kami bersama warga lain terus mendukung," ucapnya. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com