Gempa Bumi Tektonik Magnitudo 5,5 Guncang Pulau Sumba NTT

Home / Berita / Gempa Bumi Tektonik Magnitudo 5,5 Guncang Pulau Sumba NTT
Gempa Bumi Tektonik Magnitudo 5,5 Guncang Pulau Sumba NTT Ilustrasi - BMKG (FOTO: Istimewa)

TIMESSITUBONDO, WAINGAPU – Rentetan gempa bumi tektonik berkekuatan Magnitudo 5,0 dan Magnitudo 5,5 mengguncang Pulau Sumba NTT. Gempa tersebut tidak berpotensi Tsunami.

Analisa BMKG, kejadian dan parameter Gempa bumi terjadi Sabtu (8/8/2020) pukul 17: 17: 52 WIB, 17: 23: 32 WIB dan 17: 45: 51 WIB wilayah Pulau Sumba NTT diguncang rentetan Gempa tektonik

Hasil analisa BMKG menunjukan Gempa bumi terjadi dengan selisih waktu 5 menit dan 28 menit dari Gemba bumi pertama. Ketiga episenter tersebut berlokasi di laut pada arah Barat Daya Kota Waikabubak-Kabupaten Sumba Barat di kedalaman 10 Km.

BMKG menjelaskan, jenis dan mekanisme gempa bumi dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya. Gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat adanya deformasi kerak benua di dasar laut.

Hasil analisa mekanisme sumber ketiga gempa bumi menunjukan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan turun (Normal Fault). Adapun Gempa bumi ini dirasakan didaerah Tambolaka IV MMI, Waikabubak III-IV MMI, Labuan Bajo, Bima, Dompu III MMI.

Menurut BMKG, Gempa bumi yang terjadi. Hingga kini belum ada laporan dampak kerusakan yang timbl akibat Gempa bumi namun hasil pemodelan menunjukan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi Tsunami.

Gempa bumi ini merupakan gempa susulan yang terjadi pada 5 Agustus 2020 lalu hingga tanggal 8 Agustus 2020 pukul 18:00 WIB sudah tercatat 112 kejadian Gempa bumi susulan.

BMKG juga mengimbau kepada masyarakat Pulau Sumba agar tidak terpengaruh oleh isu dampak gempa bumi tektonik ini yang tidak dapat dipertanggung jawab kebenarannya namun pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan. (*) 

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com