50 Caleg Terpilih di Kabupaten Probolinggo Terancam Dipecat

Home / Berita / 50 Caleg Terpilih di Kabupaten Probolinggo Terancam Dipecat
50 Caleg Terpilih di Kabupaten Probolinggo Terancam Dipecat ILUSTRASI Lukman Hakim (FOTO: Istimewa)

TIMESSITUBONDO, PROBOLINGGO – Sebanyak 50 Calon Legislatif (Caleg) terpilih di Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, terancam tidak dilantik atau dipecat, jika tidak menyetor laporan harta kekayaan penyelenggara negara (LHKPN).

Hal itu disampaikan Ketua KPU Kabupaten Probolinggo, Lukman Hakim. Lukman mengungkapkan, pihaknya kini tengah menyiapkan penetapan calon anggota dewan terpilih, berdasar petunjuk KPU RI. Penetapan caleg terpilih akan dilakukan setelah putusan Mahkamah Konstitusi (MA) yang dijadwalkan pada 1 Juli 2019.

“Artinya, sekitar tanggal 1 sampai 4 Juli sudah penetapan Caleg terpilih di Kabupaten Probolinggo,” kata Lukman, Kamis (13/6/2019).

Syarat mutlak lainnya yang harus dipenuhi juga adalah menyerahkan tanda bukti LHKPN kepada KPU, bila LHKPN ini tidak disetor, maka Caleg tersebut meski sudah ditetapkan tidak akan bisa dilantik.

“Nanti KPU akan mengusulkan ke Gubernur Jawa Timur untuk dilakukan pelantikan dan pengesahan, Pasca penetapan Caleg terpilih nanti.  Namun ada beberapa syarat penting yang harus dipenuhi agar bisa dilantik, yakni tidak tersandung kasus kriminal berupa tindakan pidana korupsi dan kasus pelecehan seksual terhadap anak dibawah umur,” terangnya.

LHKPN adalah kewajiban Parpol, dan Parpol harus mensosialisasikan kepada para Caleg yang berhasil menduduki kursi DPRD Kabupaten Probolinggo untuk diserahkan kepada KPU.

“Dan jika sampai pada pelantikan 50 Caleg terpilih di Kabupaten Probolinggo, masih saja belum melakukan penyetoran LHKPN kepada KPU, maka secara otamatis nama Caleg yang bersangkutan tidak akan diikut sertakan didalam pelantikan, sekalipun sudah ditetapkan sebagai pemenang. Yang bersangkutan akan tidak dilakukan pelantikan,” tutup Lukman. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com