Komisi III DPR RI Voting, Firli Bahuri Ketua KPK 2019-2023

Home / Berita / Komisi III DPR RI Voting, Firli Bahuri Ketua KPK 2019-2023
Komisi III DPR RI Voting, Firli Bahuri Ketua KPK 2019-2023 Firli Bahuri (FOTO: Christoporus Ristianto/KOMPAS)

TIMESSITUBONDO, JAKARTA – Voting Komisi III DPR RI, Jumat (13/9/2019) dini hari sepakat menjatuhkan pilihan kepada Irjen (Pol) Firli Bahuri sebagai Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK RI) 2019-2023.

Proses voting itu terjadi usai digelar fit and proper test pada 11 dan 12 September. Semua anggota komisi III sepakat memberikan restu dan memilih Kapolda Sumatera Selatan itu sebagai Ketua KPK yang baru.

"Bisa kita sepakati ya kalau ketua Firli Bahuri?," tanya Ketua Komisi III, Azis Syamsuddin yang memimpin rapat voting Jumat dini hari seperti dilansir IDN.Time hari ini.

Firli Bahuri dipilih karena memiliki karakter yang dicari oleh lembaga legislatif ini serta karena selama ini ia juga dibully. Namun nyatanya saat proses fit and proper test Firli berhasil membuktikan sebaliknya.

Menurut anggota komisi III dari fraksi Demokrat, Erma Suryani Ranik, ini lah komposisi terbaik yang dihasilkan dari proses seleksi capim komisi antirasuah. 

"Meski tidak ada aturannya di dalam Undang-Undang, namun siapa pun yang meraih suara terbanyak dia yang ditunjuk jadi ketua KPK. Yang penting ada kesepakatan dan komposisi ini sudah yang paling baik menurut kami, ada akademisi, ada keterwakilan perempuan, ada hakim dan polisi," katanya.

Dalam proses voting, Firli memperoleh suara tertinggi yakni 56 suara. Disusul masing-masing Alexander Marwata komisioner aktif KPK (53 suara), Nurul Ghufron dari Akademisi  (51 suara), Nawawi Pomolango Hakim Tinggi di Pengadilan Tinggi Denpasar (50 suara) dan Lili Pintauli Siregar advokat dan Wakil Ketua LPSK (44 suara).

Dari hasil voting Komisi III DPR RI, Jumat (13/9/2019) dini hari itulah akhirnya sepakat menjatuhkan pilihan kepada Irjen (Pol) Firli Bahuri sebagai Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi 2019-2023. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com