Bangun Pabrik Kereta di Banyuwangi, PT INKA-Stadler Kucurkan 30 Trilliun

Home / Ekonomi / Bangun Pabrik Kereta di Banyuwangi, PT INKA-Stadler Kucurkan 30 Trilliun
Bangun Pabrik Kereta di Banyuwangi, PT INKA-Stadler Kucurkan 30 Trilliun Jamuan Makan Malam Bersama serta Pemaparan Perkembangan Pembangunan Pabrik Kereta Api di Banyuwangi (FOTO: Roghib Mabrur/TIMESIndonesia)

TIMESSITUBONDO, BANYUWANGI – PT. INKA dan Stadler telah memilih Banyuwangi sebagai tempat pembangunan pabrik kereta api baru, alasan logis memilih membangun di Banyuwangi. Ini karena biaya saat proses pengiriman dari Madiun ke Surabaya hampir sama dengan biaya yang dikeluarkan dari Surabaya ke Malaysia, oleh karena itu PT. INKA ingin memindahkan pabrik kereta ke Banyuwangi. 

Lokasi yang di bangun di Wilayah Secang, Kecamatan Kalipuro ini memang dekat dengan garis pantai, hal ini yang menjadikan pertimbangan matang, agar saat proses pengiriman untuk ekspor semakin efektif dan efisien.

Kerjasama ini menyepakati bahwa PT. INKA menyiapkan Lahan seluas 84 Hektare dan Bangunan, namun untuk tahap awal hanya digunakan seluas 12 hektare, sedangkan pihak Stadler menyiapkan berupa teknologi, mesin dan pasar.

Pihak Stadler juga sangat senang menyambut kerjasama dengan PT. INKA, karena mereka baru pertama kali menjajaki pasar Asia dan sebelumnya hanya terfokus ke pasar Eropa dan Amerika saja. Stadler adalah perusahaan pembuatan kereta api dengan kualitas baik yang ada di Eropa.

Terdapat studi dari perusahaan independen Jerman bahwa PT. INKA masuk dalam jajaran 50 besar industri kereta api di dunia, dengan urutan ke 22, sedangkan Stadler di  nomor 7, hal ini yang membuat PT. INKA tertarik bekerjasama dengan Stadler, yang mana nilai investasinya mencapai 30 Trilliun, tahap awal 500 Milliar yang digelontorkan,

"Target kita bukan hanya kerjasama merger antara Stadler dan PT. INKA saja, tetapi kita akan membuat anak perusahaan yang dimiliki kedua belah pihak, Seoalah - olah kami menjual avanza atau inova, sementara Stadler menjual Mercedes atau Ferrari", ungkapungkap Sedayu sebagai Direktur Teknologi dan Komersial PT. INKA (Persero), Jumat (11/01/2019).

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com