Yuk, Ubah Kebiasaan Begadang dengan Cara Ini

Home / Gaya Hidup / Yuk, Ubah Kebiasaan Begadang dengan Cara Ini
Yuk, Ubah Kebiasaan Begadang dengan Cara Ini ILUSTRASI - Begadang. (FOTO: Dokter Sehat)

TIMESSITUBONDO, JAKARTA – Sudah banyak yang tahu begadang hingga larut malam tak baik untuk kesehatan tubuh. Tidur cepat akan sangat sulit atau bahkan tidak bisa dilakukan bagi orang yang terbiasa begadang.

Penelitian terbaru yang dipublikasikan di jurnal Sleep Medicine berhasil menemukan cara ampuh mengubah kebiasaan begadang dalam waktu yang cepat atau hitungan minggu saja. 

Studi eksperimental ini melibatkan 22 orang yang kerap begadang, dengan rata-rata waktu tidur pukul 2.30 dini hari dan bangun pukul 10.15 pagi. 

"Memiliki pola tidur yang terlambat dapat menyebabkan berbagai hal yang merugikan, dari kantuk di siang hari hingga kesejahteraan mental yang buruk. Kami ingin melihat apakah ada hal-hal sederhana yang bisa dilakukan orang di rumah untuk menyelesaikan masalah ini," kata Andrew Bagshaw, peneliti dari University of Birmingham, dikutip dari The Independent. 

Dalam jangka waktu tiga minggu, para partisipan diminta untuk tidur dua atau tiga jam lebih cepat pada hari kerja dan juga hari libur. Mereka juga diminta untuk mendapatkan banyak sinar matahari di pagi hari, segera sarapan setelah bangun tidur, makan siang pada waktu yang sama setiap hari, dan makan malam tidak lebih dari pukul 7 malam. 

Cara rutin yang dilakukan selama tiga pekan ini dinilai berhasil membuat kebiasaan begadang hilang. 

Bagshaw menjelaskan, terdapat perubahan signifikan pada para partisipan daam kesehatan fisik dan mental. Terdapat peningkatan kinerja kognitif dan fisik selama pagi hari.

"Yang paling menarik, ini juga dikaitkan dengan peningkatan kesejahteraan mental dan rasa kantuk yang dirasakan. Ini hasil yang sangat positif bagi para peserta," kata Bagshaw. 

Anda dapat meniru apa yang dilakukan dalam penelitian ini untuk menghilangkan kebiasaan begadang. 

Yang perlu dilakukan untuk mengubah kebiasaan begadang adalah tidur lebih cepat dua atau tiga jam setiap malam. Lalu mendapatkan sinar matahari pagi yang cukup, segera sarapan setelah bangun tidur, makan siang di waktu yang sama, dan makan malam tidak lebih dari pukul 7 malam selama tiga pekan. Cara ini dinilai dapat menjadi rutinitas dan menghilangkan kebiasaan begadang serta bermanfaat menjaga kesehatan tubuh. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com