Apa Itu Gangguan Mental Borderline Personality Disorder?

Home / Gaya Hidup / Apa Itu Gangguan Mental Borderline Personality Disorder?
Apa Itu Gangguan Mental Borderline Personality Disorder? Ariel Tatum. (FOTO: VIVA/Wahyu Firmansyah)

TIMESSITUBONDO, JAKARTA – Setelah lama tak terdengar kabarnya di dunia hiburan, aktris cantik Ariel Tatum datang dengan kabar mengejutkan. Ariel ternyata mengalami gangguan kesehatan mental yakni Borderline personality disorder (BPD). Masalah mental ini sudah dirasakan Ariel Tatum sejak berusia 13 tahun.

Bukan masalah kesehatan mental yang ringan, Ariel Tatum bahkan berkali-kali pernah punya niat untuk bunuh diri akibat tekanan masalah mental itu. Untung, Ariel Tatum segera menyadari keganjilan ini. Sehingga, akhirnya ia memutuskan untuk berobat ke psikiater dan akhirnya dinyatakan menderita BPD.

Mungkin masih banyak orang yang belum tahu apa itu BPD. Gangguan kesehatan mental yang berdampak pada cara seseorang berpikir, serta merasakan tentang dirinya sendiri dan orang lain. Termasuk di dalamnya masalah citra diri, kesulitan mengelola emosi dan perilaku, serta pola hubungan yang tidak stabil.

BPD adalah salah satu gangguan mental yang cukup serius. Menurut dr. Theresia Rina Yunita dari KlikDokter, gangguan ini dikatakan sebagai borderline atau ambang, sebab berada di antara dua gangguan jiwa, yaitu neurosis dan skizofrenia.

"Bisa dikatakan, BPD merupakan gangguan mental yang lebih ringan dari skizofrenia, tapi lebih berat dari neurosis (depresi dan kecemasan). Jika tidak ditangani dengan tepat, maka BPD dapat menjadi skizofrenia," ujar dr. Theresia.

Umumnya, BPD dimulai pada awal masa dewasa. Kondisi ini biasanya lebih buruk pada usia dewasa muda dan seiring bertambahnya usia, bisa membaik secara bertahap.

Borderline personality disorder (BPD) seperti yang dialami Ariel Tatum tidak bisa dianggap remeh karena bisa membahayakan dirinya sendiri dan orang di sekitarnya. Meski demikian, bukan berarti gangguan kesehatan mental ini tidak bisa diatasi. Dengan penanganan yang tepat, kualitas hidup Anda yang mengalami BPD masih bisa diselamatkan atau dikembalikan. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com