Pilihan Bahan Alami untuk Mengecilkan Pori-Pori Bekas Jerawat

Home / Gaya Hidup / Pilihan Bahan Alami untuk Mengecilkan Pori-Pori Bekas Jerawat
Pilihan Bahan Alami untuk Mengecilkan Pori-Pori Bekas Jerawat Lidah buaya cara simpel Mengecilkan Pori-Pori Bekas Jerawat. (FOTO: beauty jurnal)

TIMESSITUBONDO, JAKARTABekas jerawat selalu meninggalkan pori-pori yang jadi terlihat jelas di wajah. Kondisi ini tentu mengganggu penampilan Anda. Jika mengalami hal ini Anda tak perlu khawatir. Masih ada banyak cara untuk membuat pori-pori kembali mengecil. Salah satunya dengan menggunakan berbagai bahan alami.

Berikut ini 7 bahan alami untuk mengecilkan pori-pori yang bisa Anda coba, dilansir dari Pop Mama

1. Membuat masker madu

Madu memang dikenal akan manfaatnya yang baik untuk kesehatan. Namun, madu juga sudah menjadi salah satu bahan populer yang sering digunakan untuk berbagai produk kecantikan. 

Anda bisa menggunakan madu sebagai masker wajah untuk membantu mengecilkan pori-pori. Caranya, cukup ambil 1 sdm madu dan oleskan pada wajah. 

Biarkan selama kurang lebih 30 menit dan bilaslah menggunakan air dengan bersih.

2. Campuran oatmeal, putih telur, dan air lemon

Ketiga bahan ini juga dikenal dengan manfaatnya yang baik bagi kulit wajah. Putih telur dipercaya dapat mengencangkan kulit.

Lalu oatmeal memiliki zat anti bakteri yang bisa menyingkirkan bakteri penyebab jerawat. Sedangkan air lemon bisa mencerahkan wajah. 

Anda bisa menggunakan ketiga bahan ini sebagai masker. Cukup dengan mencampurkan 1 putih telur, air lemon dan oatmeal. 

Lalu oleskan secara merata di wajah dan biarkan selama 30 menit. Setelah itu, bilaslah dengan air dingin. Lakukan cara ini setidaknya 2 kali dalam seminggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal. 

3. Menggunakan pepaya sebagai masker wajah

Dengan kandungan vitamin A, C, E yang bekerja sebagai antioksidan dan enzim papain untuk meregenerasi kulit wajah membuat pepaya juga menjadi salah satu bahan alami populer bagi kecantikan. 

Gunakan pepaya matang sebagai masker dengan menumbuknya secara halus lalu oleskan di wajah. Diamkan selama 30 menit dan bilas menggunakan air hangat.

4. Manfaatkan kulit pisang

Kulit pisang juga bisa digunakan untuk mengecilkan pori-pori. Antioksidan serta potasium yang terkandung di dalam kulit pisang mampu menyembuhkan dan meregenerasi kulit wajah. 

Cara menggunakannya, cukup dengan menggosokkan kulit pisang secara perlahan di seluruh wajah. Bilaslah setelah 10 atau 15 menit pengaplikasian. 

5. Pakai mentimun dua kali dalam seminggu

Mentimun tidak hanya bisa mengecilkan pori-pori namun juga bisa meningkatkan tekstur kulit menjadi lebih baik. 

Mentimun juga dipercaya dapat memperlambat penuaan pada kulit sehingga memberikan tampilan wajah yang awet muda dan bercahaya. 

Hancurkan mentimun dengan menggunakan blender dan tambahkan sedikit air lemon. Gunakan campuran ini pada wajah dan diamkan selama 15 menit. Bilaslah dengan air dingin. 

Untuk hasil yang lebih maksimal bekukan terlebih dahulu mentimun ke dalam lemari es sebelum di-blender. 

6. Lidah buaya untuk cara yang lebih simpel

Menggunakan lidah buaya dapat membersihkan minyak dan kotoran dari pori-pori yang tersumbat. Cukup dengan mengoleskan lidah buaya di wajah dan biarkan selama sekitar 10 menit lalu bilas dengan bersih.  

7. Gunakan campuran tomat dan madu

Kandungan asam alami yang terdapat di dalam tomat dapat menyeimbangkan minyak di wajah serta mengecilkan pori-pori. 

Cukup campurkan tomat yang sudah dihancurkan dengan 1 sendok teh madu. Lalu pulaskan sebagai masker. Diamkan selama 10 sampai 12 menit hingga mengering lalu bilas hingga bersih. 

Itulah tujuh bahan alami yang bisa dicoba untuk mengecilkan pori-pori bekas jerawat. Namun, jangan lupa untuk melakukan patch test terlebih dahulu untuk melihat reaksi kulit agar tak terjadi iritasi. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com