Gunung Agung Awas

Debu Vulkanik Gunung Agung Menuju Banyuwangi

Home / Berita / Debu Vulkanik Gunung Agung Menuju Banyuwangi
Debu Vulkanik Gunung Agung Menuju Banyuwangi ILUSTRASI: Gunung Agung (FOTO: Tribunnews)

TIMESSITUBONDO, BANYUWANGI – Kantor Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Banyuwangi merilis prakiraan angin dari Gunung Agung di Bali. Angin yang membawa debu vulkanik diperkirakan mengarah barat daya dengan kecepatan 10 knot menuju wilayah Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, terutama di bagian selatan.

Berdasarkan peta perkiraan area terdampak yang dikeluarkan BMKG Banyuwangi, abu vulkanik akan sampai di Kecamatan Rogojampi, Srono, Muncar, Cluring, Tegaldlimo, Purwoharjo, Bangorejo dan Pesanggaran.

"(Ketinggian) angin dari permukaan (setinggi 10 meter) sampai 25 ribu kaki, bergerak ke arah barat dengan kecepatan 10 knot," kata Prakirawan Cuaca BMKG Banyuwangi Dita Purnamasari kepada TIMES Indonesia, Selasa (28/11/2017).

Dita mengatakan perkiraan itu dikeluarkan pagi hari ini dan akan diperbarui lagi besok pukul 4 dini hari.

Sementara itu Kabid Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banyuwangi Eka Muharam Suryadi mengatakan hingga kini belum ada laporan adanya abu vulkanik turun di Banyuwangi. Namunpun begitu dia mengaku terus melakukan pemantauan di Banyuwangi bagian selatan.

"Perkiraan sekarang sudah sampai ke Banyuwangi debunya. Mungkin karena erupsinya lemah, jadi tidak sampai ke Banyuwangi," kata Eka.

Dia mengatakan masyarakat diharapkan bersiap menghadapi kemungkinan terdampak erupsi Gunung Agung dengan menyiapkan masker secara mandiri. Paling bagus masker menggunakan kain yang dibasahi, atau menggunakan masker yang dijual di apotek.

"Yang paling bahaya adalah pengendara yang tidak pakai masker. Jadi nafas harus tersaring masker dan gunakan kacamata netral untuk keamanan berkendara," kata Eka. (*)

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com