PPLS: Kondisi Tanggul Lumpu Lapindo Aman

Home / Berita / PPLS: Kondisi Tanggul Lumpu Lapindo Aman
PPLS: Kondisi Tanggul Lumpu Lapindo Aman Kondisi jalan raya Porong tepat di pintu exit tol Porong yang terendam banjir sedalam 1,5 meter. (FOTO: Mulya Andika/TIMES Indonesia)

TIMESSITUBONDO, SIDOARJO – Pusat Pengendalian Lumpur Sidoarjo (PPLS) menegaskan jika tanggul penahan lumpur Lapindo di kecamatan Porong, Sidoarjo, Jawa Timur saat ini masih dalam kondisi aman.

"Curah hujan di kawasan tanggul lumpur dua hari ini memang cukup tinggi, Dan keadaan tanggul masih aman. Hanya saja jalan raya Porong dan jalur rel kereta api tergenang air banjir," kata Humas Pusat Pengendalian Lumpur Sidoarjo, Hengki Listria Adi, selasa (28/11/2017).

Lebih jauh Hengki memaparkan jika pihak PPLS sudah mengatifkan 8 mesin pompa untuk menyedot air banjir dikawasan jalan raya Porong.

Penanganan yang dilakukan oleh Pusat Pengendalian Lumpur Sidoarjo (PPLS)  dalam mengurangi genangan air banjir sudah dilakukan dengan menggunakan pompa booster yang terdapat di entrance Tol Porong sebanyak 2 Unit dengan kapasitas rata - rata 280 liter/menit. Kemudian di  exit Tol Porong sebanyak 1 unit dengan kapasitas rata - rata 300 liter /menit.

BANJIR-PORONG1.jpg

Pompa juga dipasang di titik 71 tanggul  Ketapang sebanyak 3 unit dengan kapasitas rata - rata 280 liter/menit, dan pada titik tanggul 32 Mindi disiapkan sebanyak 2 unit pompa barata dengan kapasitas 300 dan 400 liter/detik. 

"Dengan pompa pompa itu nantinya genangan banjir akan dialirkan menuju ke pond tampungan di P.73. Saat ini tim kami di lapangan sedang melakukan setting outlet dengan menggunakan pompa yang berada di tanggul titik P.71 di Ketapang, kemudian diteruskan ke Pond P.67 melalui kanal bawah sampai di P.83 langsung dipompa dan dibuang atau dialirkan ke Kali Porong," kata Hengki.(*)

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com